beritajambi.co |
1.
Menggunakan
Slogan.
Ciri teks iklan
yang pertama adalah mengandung bahasa slogan. Slogan merupakan sekumpulan kata
atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan suatu
maksud tertentu. Pada umumnya slogan terdiri dari empat hingga lima kata yang
mudah diingat. Tentunya, setiap slogan harus memiliki daya tarik yang kuat
sehingga pesan yang dimaksud dapat sampai pada sasaran.
Dalam sebuah
iklan, slogan merupakan pernayataan atau susunan kata tertentu yang secara
singkat menjelaskan tentang produk atau jasa yang dapat mudah diingat oleh
konsumen. Slogan merupakan hal yang sangat penting dalam dunia periklanan.
Dengan slogan, iklan dapat mudah diingat oleh konsumen. Maka dari itu,
kata-kata dalam slogan iklan haruslah kreatif dan tidak ketinggalan zaman agar
masyarakat atau konsumen semakin mudah mengingatnya. Penggunaan slogan yang
berhasil dapat diamati dari seberapa jauh masyarakat mengenal dan mengingat
slogan tersebut. Slogan dikatakan berhasil ketika hanya dengan mendengar atau
melihat slogannya, konsumen dapat mengenali produk apa yang menggunakan slogan
tersebut pada ikalan.
2.
Menggunakan
Kalimat Persuasif.
Kalimat
persuasif juga merupakan ciri khas utama dalam teks iklan. Kalimat
persuasifadalah kalimat yang isinya bertujuan untuk meyakinkan dan membujuk pembaca agar melaksanakan atau menerima gagasan akan
suatu hal. Contoh kalimat persuasif yang sering disertakan dalam suatu produk
misalnya: “murah, cepat dan handal”, “beli rumah gak pake mikir, tanpa dp,
tanpa syarat ribet”, “produk yang direkomendasikan oleh jutaan dokter mata
diseluruh dunia”.
3.
Menggunakan
Subjek Orang Pertama.
Teks iklan
umumnya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak. Mislanya kata aku,
saya, dan kami. Subjek orang pertama ini digunakan untuk mengganti pihak atau
instansi pemasang iklan.
baca juga:
https://kelompok1pmm.blogspot.com/2018/11/pengertian-teks-iklan.html
https://kelompok1pmm.blogspot.com/2018/11/struktur-teks-iklan.html
Kenapa teks iklan harus menggunakan slogan?
BalasHapusSlogan dalam teks iklan itu sebagai daya tarik sehingga pesan yang dimaksud dapat sampai pada si pembaca.
Hapus