"10 Ilmu tidak cukup untuk mewujudkan Mimpi, tapi 1 Mimpi cukup untuk bikin kita punya banyak Ilmu." (Erix Soekamti, Vokalis)

Kamis, 29 November 2018

Ciri Kebahasaan Teks Iklan



beritajambi.co

          
1.      Menggunakan Slogan.
Ciri teks iklan yang pertama adalah mengandung bahasa slogan. Slogan merupakan sekumpulan kata atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan suatu maksud tertentu. Pada umumnya slogan terdiri dari empat hingga lima kata yang mudah diingat. Tentunya, setiap slogan harus memiliki daya tarik yang kuat sehingga pesan yang dimaksud dapat sampai pada sasaran.
Dalam sebuah iklan, slogan merupakan pernayataan atau susunan kata tertentu yang secara singkat menjelaskan tentang produk atau jasa yang dapat mudah diingat oleh konsumen. Slogan merupakan hal yang sangat penting dalam dunia periklanan. Dengan slogan, iklan dapat mudah diingat oleh konsumen. Maka dari itu, kata-kata dalam slogan iklan haruslah kreatif dan tidak ketinggalan zaman agar masyarakat atau konsumen semakin mudah mengingatnya. Penggunaan slogan yang berhasil dapat diamati dari seberapa jauh masyarakat mengenal dan mengingat slogan tersebut. Slogan dikatakan berhasil ketika hanya dengan mendengar atau melihat slogannya, konsumen dapat mengenali produk apa yang menggunakan slogan tersebut pada ikalan.
2.      Menggunakan Kalimat Persuasif.
Kalimat persuasif juga merupakan ciri khas utama dalam teks iklan. Kalimat persuasifadalah kalimat yang isinya bertujuan untuk meyakinkan dan membujuk pembaca  agar melaksanakan atau menerima gagasan akan suatu hal. Contoh kalimat persuasif yang sering disertakan dalam suatu produk misalnya: “murah, cepat dan handal”, “beli rumah gak pake mikir, tanpa dp, tanpa syarat ribet”, “produk yang direkomendasikan oleh jutaan dokter mata diseluruh dunia”.
3.      Menggunakan Subjek Orang Pertama.
Teks iklan umumnya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak. Mislanya kata aku, saya, dan kami. Subjek orang pertama ini digunakan untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan.


2 komentar:

  1. Kenapa teks iklan harus menggunakan slogan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slogan dalam teks iklan itu sebagai daya tarik sehingga pesan yang dimaksud dapat sampai pada si pembaca.

      Hapus

Pengelolaan Media Massa

Pengelolaan Media Massa            Mata kuliah Pengelolaan Media Massa merupakan mata kuliah keterampilan mengelola media massa....