"10 Ilmu tidak cukup untuk mewujudkan Mimpi, tapi 1 Mimpi cukup untuk bikin kita punya banyak Ilmu." (Erix Soekamti, Vokalis)

Kamis, 29 November 2018

Pengertian Teks Iklan



kompasiana.com

              Teks iklan adalah tulisan sebagai media promosi yang efektif guna memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan dengan daya jangkau konsumen secara luas. Secara sederhana, pengertian teks iklan ini merupakan suatu pesan yang isinya berupa penawaran suatu produk yang ditujukkan oleh suatu masyarakat melalui suatu media. Namun, dalam keseharian iklan lebih identik dengan produk komersial yang berbeda dengan iklan pengumuman biasa.
            Selain itu, teks iklan sebagai suatu media komunikasi yang sangat efektif yang digunakan oleh produsen dalam menawarkan suatu barang maupun jasa. Barang dan jasa tersebut ditujukan untuk masyarakat umum atau konsumen. Biasanya dalam sebuah teks iklan, produsen akan membuat teks iklan yang sangat menarik. Tujuannya agar masyarakat umum atau konsumen tertarik dan bersedia untuk membeli maupun menikmati barang atau jasa yang ditawarkan.
            Ketika konsumen tertarik terhadap teks iklan yang ditawarkan, makan penjual barang atau jasa tersebut akan memperoleh keuntungan dari hasil pembelian seorang konsumen. Berbagai macam produk barang dan jasa dapat ditawarkan dalam teks iklan. Teks iklan harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen atau masyarakat umum. Ketika produsen menjual produk yang tidak memiliki manfaat bagi masyarakat, maka produk tersebut akan gagal dipasaran.
            Teks iklan dapat kita jumpai diberbagai macam media, salah satunya adalah media massa. Media massa sebagai media cetak yang menampilkan berbagai macam iklan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat umum atau konsumen. Teks iklan yang muncul pada media massa merupakan alternatif pilihan untuk menampilkan teks iklan selain pada media elektronik yang sering kita jumpai.
            Jadi, dapat disimpulkan bahwa teks iklan adalah tulisan sebagai media promosi suatu barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen atau masyarakat sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dalam keseharian iklan lebih identik dengan produk komersial yang berbeda dengan iklan pengumuman biasa. Produsen akan membuat teks iklan yang sangat menarik bertujuan agar masyarakat umum atau konsumen tertarik dan bersedia untuk membeli maupun menikmati barang atau jasa yang ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengelolaan Media Massa

Pengelolaan Media Massa            Mata kuliah Pengelolaan Media Massa merupakan mata kuliah keterampilan mengelola media massa....